Sinkronisasi Kurikulum dan Link And Match IDUKA

SMK Tamansiswa Banjarnegara Kompetensi Keahlian AKL, OTKP, BDP, MM, TKJ, dan TBSM melaksanakan Sinkronisasi  Kurikulum  2013 (revisi) “Kurtilas bersama Dunia Usaha Dunia Industri (DUDI) yang di hadiri oleh Pengawas SMK Cabdin wil IX Bapak Suko Bagyana, M.Pd.

Kegiatan diikuti oleh semua guru pengampu semua Kompetensi Keahlian, Senin (31/5), di SMK Tamansiswa Banjarnegar, bersama ke enam DUDI.

SMK sebagai sekolah pendidikan menengah kejuruan dituntut menghasilkan tamatan sebagaimana yang diharapkan oleh dunia industri. Maka SMK sebagai instansi pendidikan berperan menyiapkan peserta didik agar siap kerja, baik membuka lapangan kerja sendiri maupun mengisi lowongan pekerjaan di industri yang relevan dengan semua Kompetensi Keahlian.

Pengawas sekolah, Suko Bagyana, M.Pd menegaskan sinkronisasi kurikulum dengan DU/DI tersebut untuk menilai materi apakah materi Kompetensi Dasar sangat relevan dengan kebutuhan DU/DI.

“Sinkronisasi kurikulum ini, apakah ada Kompetensi Dasar (KD) yang belum tercantum dalam kebutuhan DU/DI? Relevankah? bisa ditambah, dihilangkan, atau diganti? Untuk mata pelajaran produktif ini dasar ilmu kejuruan harus tersampaikan,” terangnya.

“Sinkronisasi kurikulum diselenggarakan dengan tujuan agar tercapai kesesuaian antara kompetensi dasar dalam Kurikulum SMK dengan kompetensi yang ada dalam IDUKA, dan sebagai pendukung dalam penyusunan e-KTSP, serta bimbingan dan arahan dari dunia industri baik dalam bidang pengetahuan dan keterampilan supaya output sesuai dengan harapan.

Dengan adanya sinkronisasi kurikulum ini diharapkan Kompetensi Keahlian SMK Tamansiswa Banjarnegara mampu menyelaraskan kurikulum dengan DUDI sehingga diharapkan para lulusannya siap terjun ke dunia kerja dan mampu terserap ke dunia kerja.

0Shares