Workshop Pembelajaran dan Penilaian Berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skill) Di Tamansiswa Banjarnegara

Tanggal 7-8 Desember 2019 Taman Karya Madya (SMK) Tamansiswa Banjarnegara baru saja melangsungkan kegiatan workshop pembelajaran dan penilaian berbasis HOTS (higher order thinking skill). Acara ini diikuti oleh seluruh pamong SMK Tamansiswa Banjarnegara yang berjumlah lebih kurang 40 pamong, baik pamong mata pelajaran produktif, adaptif, maupun normatif. Narasumber dalam kesempatan workshop kali ini adalah Dr. Nina Oktarina,   M. Pd. seorang dosen di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang yang cantik dan enerjik.

Beragam materi yang disampaikan oleh narasumber, antara lain membahas perihal pembelajaran yang berlangsung di dalam kelas. Di era saat ini sudah seharusnya menerapkan pembelajaran yang “PAIKEM” (Pembelajaran Aktif Kreatif Efektif Menyenangkan), GEMBROT (Gembira dan Berbobot), dan BERJAS (Berbasis Jejaring Sosial). Peserta didik tentu akan lebih tertarik ketika model pembelajaran variatif dan tidak membosankan. Pembelajaran tersebut dapat dikaitkan dengan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) yang berbasis  HOTS. RPP HOTS adalah pembelajaran yang memotivasi peserta didik untuk berpikir kritis, logis, sistematis, sesuai dengan karakteristik kemampuan berpikir tingkat tinggi.

Dengan diadakannya workshop ini semoga dapat dijadikan sebagai sebuah langkah awal untuk membangun generasi emas 2045 dengan dibekali keterampilan abad 21.

Salam.

Oleh: Qeis Karina P

0Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *