Reuni Akbar dan Peringatan Hari Lahir Ke-50 Taman Karya Madya (SMK) Tamansiswa Banjarnegara

Salam dan bahagia

Taman Karya Madya (SMK) Tamansiswa Banjarnegara baru saja melangsungkan rangkaian kegiatan dalam rangka harlah (hari lahir) yang ke-50.  Dimulai sejak tanggal 1 Januari 2020 hingga 6 Januari 2020. Kegiatan ini diawali dengan reuni akbar yang dihadiri hampir 600 orang, dengan angkatan tertua yakni angkatan ’80, dan sesepuh-sesepuh Tamansiswa cabang Banjarnegara. Banyak yang sudah tidak berdomisili di area Banjarnegara, tetapi tetap menyempatkan diri untuk hadir. Bertemu kembali setelah sekian tahun tidak berjumpa, saling bertukar cerita dan berbagi kisah dengan durasi yang cukup lama. Wajah bahagia sekaligus haru tampak hangat menyelimuti nuansa para alumnus bernostalgia. Di hari pertama juga disertai acara pemotongan tumpeng dan pemberian beasiswa kepada beberapa siswa dari alumni.

Hari kedua diisi dengan pengajian oleh pemateri bernama Ustadz Abdulloh Maksum, S. Ag., M.M. seorang hafiz dan dosen di  Unsiq yang menyampaikan beraneka petuah untuk diketahui dan dijadikan sebagai muhasabah diri, untuk kegiatan pengajian ini diikuti oleh seluruh siswa sekaligus orang tua/wali murid. Harapan dari diadakannya pengajian ini tidak sekadar penyampaian materi dan mengalirnya air mata, tetapi harus ada sebuah gebrakan yang nyata, baik dari segi ibadah yang lebih baik dan juga peningkatan dalam berakhlaqul karimah.

Agenda selanjutnya berupa pagelaran pentas seni yang disajikan oleh seluruh kelas X, penampilan mereka akan dijadikan sebagai ajang kreativitas sekaligus pengembangan diri dan dinilai oleh para guru mata pelajaran seni budaya. Oleh guru mata pelajaran seni budaya diberi batasan untuk menyajikan kesenian daerah, sehingga mereka lebih fokus dalam berlatih. Dari sembilan kelas, mereka menampilkan sembilan tarian yang berbeda, ada Lagenda Roro Jonggrang, Lagenda Siliwangi, Sangga Langit, dsb. Tidak hanya kelas X, tetapi kelas XI dan kelas XII juga menyajikan aneka penampilan, ada yang menampilkan kesenian kuda lumping, akustik, tari topeng, dan tidak sedikit yang menyumbangkan suara emasnya.

Diakhir rangkaian kegiatan harlah, Taman Karya Madya (SMK) Tamansiswa Banjarnegara mengadakan jalan santai dengan rute mengelilingi daerah kota dan menjelajah ke daerah pemukiman warga, tidak sekadar jalan santai, namun kegiatan ini juga dijadikan sebagai media promosi sekolah, sembari membagi kalender tahun baru masehi. Rangkaian demi rangkaian berjalan dengan lancar, semoga diusia emas ini SMK Tamansiswa akan lebih baik dan berkembang dalam segala bidang. Aamiin. Salam dan bahagia!

Oleh: Qeis Karina Puspasari

0Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *