Motivasi Siswa bersama Dr. Fujikawa Yoshinori Research Waku Pro Hijiyama University, Japan

Rabu, 4 Maret 2020 SMK Tamansiswa Banjarnegara baru saja kedatangan tamu dari Jepang. Beliau adalah  Dr. Fujikawa Yoshinori dari Hijiyama University, Japan. Kehadiran beliau adalah untuk memotivasi siswa terutama dalam belajar. Selain itu juga dalam rangka meningkatkan gairah jiwa untuk sukses sejak dini. Kegiatan ini berlangsung di aula selatan SMK Tamansiswa Banjarnegara, dimulai sejak pukul 08.45 sampai pukul 12.00. Topik yang disajikan kali ini adalah “Keep learning”.

Peserta dalam kegiatan ini yakni seluruh siswa kelas X dan beberapa mahasiswa STIE (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi) Tamansiswa. Antusias para peserta begitu tampak positif, terlihat dari cara menyimak materi yang disampaikan oleh Sensei Fujikawa (penerjemah ketika beliau menyampaikan materi menggunakan Bahasa Jepang adalah Sensei Subhan guru pelajaran Bahasa Jepang di SMK Tamansiswa, sedangkan penerjemah ketika beliau menyampaikan dengan menggunakan Bahasa Inggris adalah Dosen STIE Tamansiswa). Senangnya belajar ragam bahasa, ya! J

Beberapa pertanyaan yang menarik antara lain ditanyakan oleh siswi kelas X OTKP 2 atas nama Viana,

“Bagaimana caranya mengelola waktu dengan baik disaat telepon genggam ingin selalu digenggam, Pak? hehehe”

Setelah diterjemahkan oleh Dosen STIE, jawaban yang diberikan cukup menarik,

“Selalu sediakan waktu dalam satu hari untuk belajar dengan konsisten. Di Jepang sendiri, ada kebiasaan untuk menerapkan jam khusus untuk belajar sesuai dengan jenjang pendidikan. Dimulai dari SD harus ada 1 jam untuk belajar, untuk SMP 2-3 jam untuk belajar, dan untuk jenjang SMA 4-5 jam untuk belajar.”

            Bisa dijadikan sebagai motivasi kita, ya!

Harapan yang disampaikan oleh Sensei Fujikawa pada murid-murid SMK Tamanasiswa Banjarnegara yakni semua siswa bisa terus melanjutkan belajar, belajar dunia baru yang bisa didapatkan dimana saja, dan kapanpun. Keep learning!

Baiklah, kali ini saya akan sedikit mengutip beberapa quotes yang disampaikan oleh Sensei Fujikawa, CMIIW, ya! Hehehe.

Oleh: Qeis Karina Puspasari

0Shares