Gandeng SMK Tamansiswa Banjarnegara dan SMA Muhi Banjarnegara, DPPKBP3A Kabupaten Banjarnegara Bentuk Sekolah Siaga Kependudukan (SSK)

 

Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak/DPPKBP3A Kabupaten Banjarnegara gandeng SMK Tamansiswa Banjarnegara dan SMA Muhammadiyah Banjarnegara cegah ledakan penduduk melalui rapat kerjasama kependudukan dalam rangka pembentukan Sekolah Siaga Kependudukan, Jumat 02 November 2018.

Sekolah Siaga Kependudukan (SSK) merupakan upaya DPPKBP3A untuk mensosialisasikan dampak meledaknya penduduk/overpopulation. Pasalnya permasalahan kependudukan pada masa yang akan datang berdampak pada kecukupan energi, pangan, dan air yang menyangkut kesejahteraan masyarakat. Disisi lain masalah yang timbul disebabkan oleh ledakan penduduk:
1. Tingkat kemisikinan meningkat
2. Kekurangan pangan sebagai akibat dari pertumbuhan penduduk yang tidak seimbang dengan jumlah lahan
3. Timbul pemukiman kumuh
4. Pemerintah mengalami kesulitan dalam pemenuhan kebutuhan masyarakat

Sekolah yang mengintegrasikan pendidikan kependudukan, keluarga berencana, dan PK ke dalam beberapa mata pelajaran dimana didalamnya terdapat pojok kependudukan sebagai salah 1 sumber belajar peserta didik sebagai upaya pembentukan generasi berencana yang peduli dengan fenomena kependudukan. MOU ditandatangani oleh Plt. Kepala DPPKBP3A (Drs. Bambang Siswanto), Kepala SMK Tamansiswa Banjarnegara (Dra.Hj. Emy Listiyati), dan Kepala SMA Muhammadiyah Banjarnegara (Pangesti Agustiyani, S.Pd.)

 

 

0Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *