Film Pertama Karya Sineas Muda Tambara Tayang Perdana di Surya Yudha Cinema Banjarnegara

Sineas Muda Tambara merupakan sebuah wadah untuk mengkaji, mendalami serta menggali potensi pelbagai ilmu seputar dunia perfilman dari acting hingga tahap editing yang berdiri sejak tahun 2016 di Taman Karya Madya (SMK) Tamansiswa Banjarnegara. Anggota Sineas Muda Tambara tidak hanya dikhususkan untuk anak-anak dengan latar belakang jurusan Multimedia saja, sehingga seluruh murid di SMK Tamansiswa dari jurusan yang lain memiliki peluang untuk bergabung. “Berangkat dari latar belakang jurusan yang berbeda, kami banyak menemukan potensi serta bakat terpendam yang bisa terus berkembang jika diasah.” tutur Puguh Prastowo pamong pendamping Sineas Muda Tambara.

            Pada hari Jumat 24 Januari 2020 sebuah karya pertama dari Sineas Muda Tambara berupa film dengan judul “Hutan Kramat” tayang perdana di Surya Yudha Cinema Banjarnegara. Film ini memakan waktu yang tidak sebentar, dari kegiatan awal produksi pada bulan Desember 2018, kemudian tahap produksi bertempat di Hutan Pinus pagedongan Banjarnegara bulan September 2019 dan selesai produksi akhir tahun 2019. Sekitar 700 orang ikutserta meramaikan pemutaran film perdana dengan antusias yang luar biasa, “Kereeen banget.. Semoga ke depan lebih sukses lagi, ya!” komentar Kholik Fadil karyawan Taman Karya Madya (SMK) Tamansiswa Banjarnegara dengan menggebu. Film ini melibatkan beberapa anggota crew Sineas Muda Tambara dan 13 pemain film.

            Penonton film Hutan Kramat yang terinspirasi dari berbagai film layar lebar bergenre horor di Indonesia ini disaksikan oleh seluruh warga Taman Karya Madya Tamansiswa Banjarnegara dari siswa kelas X-XII, pamong serta karyawan, sekaligus tamu undangan dari Kodim 0704 Banjarnegara dan beberapa SMP di Banjarnegara. Pihak Surya Yudha Sinema sebagai mitra kerja sama mengatakan, “Semoga karya ini bisa menjadi acuan selanjutnya untuk para pelajar yang lain untuk membuat film yang bisa menginspirasi dan juga menghibur masyarakat.”

            “Filmnya luarrr biasa! Baik dari segi cerita sekaligus acting anak-anak yang sangat mendalami karakter masing-masing tokoh.” komentar Kepala Bagian Taman Karya Madya (SMK) Tamansiswa Banjarnegara Dra. Hj. Emy Listiyati, M. Si. usai keluar dari gedung bioskop. Harapan yang disampaikan oleh beliau kepada siswa-siswi Taman Karya Madya (SMK) Tamansiswa Banjarnegara umumnya dan anggota Sineas Muda Tambara semoga ke depan dapat menciptakan film-film yang lebih beraneka dan lebih bagus tentunya, dengan tema mulai dari kondisi masyarakat di era saat ini, penguatan dan pendidikan karakter, cerita remaja, serta film legenda seputar Banjarnegara karena Kabupaten Banjarnegara sendiri memiliki banyak kisah legenda yang beragam.

            Sebuah karya berangkat dari sebuah rencana, rencana akan fana jika tidak terwujudkan secara nyata. Maka selagi masih dini, mari  kenali diri, gali potensi serta kembangkan bakat agar impian yang direncanakan dapat terwujudkan. SMK bisa!!!

Oleh: Qeis Karina Puspasari

0Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *