Administrasi Perkantoran

Tujuan

Menyiapkan tenaga pelaksana di bidang Sekretaris yang memiliki pengetahuan, keterampilan, nilai dan sikap sebagai manusia yang bertanggung jawab dan mencintai profesi pekerjaannya.
SMK Program Keahlian Administrasi Perkantoran sebagai bagian dari pendidikan menengah, bertujuan  menyiapkan siswa / tamatan:
Memasuki lapangan kerja serta dapat mengembangkan sikap profesional dalam lingkup keahlian Bisnis dan Manajemen, khususnya Sekretaris.
Mampu memilih karier, mampu berkompetisi dan mampu mengembangkan diri dalam lingkup keahlian Bisnis dan Manajemen, khususnya Sekretaris.
Menjadi tenaga kerja tingkat menengah untuk mengisi kebutuhan dunia usaha dan industri pada saat ini maupun masa yang akan datang dalam lingkup keahlian Bisnis dan Manajemen, khususnya Sekretaris.
Menjadi warga negara yang produktif, adaptif, selektif dan kreatif.

Jabatan dan Ruang Lingkup Pekerjaan :
Bidang pekerjaan yang dapat diisi oleh tamatan Program Keahlian Administrasi Perkantoran antara lain :
- Juru Tata Usaha Kantor.
- Sekretaris Muda (Yunior Secretary).
- Juru Tik.
- Resepsionis.
- Juru Steno.
- Operator Komputer.
- Operator Telepon, Telex dan Faxsimile.
- Arsiparis/Agendaris.
- Petugas Humas/Keprotokolan.

Kompetensi Tamatan :
Kemampuan umum : Tamatan Program Studi Administrasi Perkantoran dapat menampilkan diri sebagai manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berbudi pekerti luhur, sehat jasmani dan rohani, berkepribadian yang mantap dan mandiri serta mempunyai rasa tanggung jawab kemasyarakatan dan kebangsaan.
Kemampuan produktif : Kompetensi Produktif yang dimiliki tamatan program keahlian Akuntansi adalah seperti tercantum pada Profil Kompetensi Tamatan Sekretaris.